Resep Membuat Orek Tempe Spesial Pedas Manis Enak dan Gurih

Advertisement
Advertisement
Resep Membuat Orek Tempe Spesial Pedas Manis Enak dan Gurih- Tempe adalah makanan asli Indonesia yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi, protein nabati yang berasal dari Kedelai, sangat baik untuk tubuh kita. Tempe juga bisa dikatakan sebagai bahan masakan yang utama karena biasa dihidangkan dalam menu makan sehari-hari, dari sekian banyak olahan tempe favorit keluarga di antaranya adalah orek tempe. Makanan ini sebenarnya makanan yang terlihat biasa-biasa saja namun memiliki rasa yang nikmat sehingga membuat makanan ini menjadi lebih luar biasa dan banyak diminati.

Resep membuat orek tempe yang enak ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh para penyuka sayuran atau vegetarian, karena tempe ini mempunyai rasa yang gurih dan harum ketika di goreng dan bisa tahan dalam beberapa hari. Selain itu, cara membuatnya cukup praktis dan mudah serta bumbu tempe orek yang dipakai juga cukup sederhana dan mudah untuk di dapatkan.Tempe orak sendiri memiliki dua macam jenis yaitu tempe orek basah dan tempe orek kering. Namun, tempe orek yang akan kami bahas saat ini adalah tempe orek kering dengan memiliki citarasa pedas gurih dan harum apalagi di tambah dengn kecap manis yang akan membuat tempe ini menjadi lebih kaya rasa. Nah, untuk mengetahui resep dan cara membuatnya, langsung saja kita simak berikut ini:

http://wa-emief.blogspot.com/2016/08/resep-membuat-orek-tempe-spesial-pedas.html
Resep Membuat Orek Tempe Spesial Pedas Manis Enak dan Gurih

Resep Membuat Orek Tempe Spesial Pedas Manis Enak dan Gurih


Bahan - bahan yang digunakan:

- 500 gr tempe
- 5 butir bawang merah, haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 3 buah cabai merah keriting, iris serong tipis
- 5 buah cabai rawit merah, haluskan
- Penyedap rasa secukupnya
- 1 sdm air asam jawa kental
- 100 ml air
- Minyak goreng secukupnya
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
- 1 ruas jari jahe, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 30 gr gula merah, sisir halus
- 1 sdm kecap manis
- Garam secukupnya

Cara Memasak Orek Tempe:

1. Potong-potong tempe dengan ukuran panjang seperti korek api dan ketebalan sedang.

2. Panaskan minyak pada wajan. Goreng tempe hingga kering. Angkat dan tiriskan.

3. Panaskan kembali minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daun salam, serai, dan jahe. Aduk-aduk hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma harum.

4. Tuang air, aduk aduk hingga rata. Tambahkan gula merah, kecap manis, garam, penyedap rasa, dan air asam jawa. Aduk-aduk sampai mengental.

5. Masukan tempe, aduk hingga tercampur rata. Angkat. Lalu taruh pada piring saji. Hidangkan.

Sebaiknya Baca Juga:
-  Resep Nasi Bakar Ayam Pedas Special Gurih dan Enak.
-  Resep Membuat Ikan Mas Goreng Bumbu Pedas.
-  Resep Ikan Tongkol Bakar Sambal Pedas.

Resep Orek Tempe Ini sangat mudah dan praktis, orek tempe menjadi salah satu masakan favorit ibu-ibu, enak, praktis dan bergizi itulah alasan sebagian ibu-ibu. Selain itu anak-anak juga sangat menyukai orek tempe karena rasanya yang gurih. Selamat mencoba & semoga bermanfaat....Sampai jumpa!!

Advertisement