Cara Membuat Resep Batagor Murah Asli Bandung Spesial Enak

Advertisement
Advertisement
Cara Membuat Resep Batagor Murah Asli Bandung Spesial Enak dan Gurih- Artikl terkait tentang Batagor Resep cara membuat batagor kering, cara membuat batagor sederhana biar murah, cara membuat bumbu batagor, contoh resep batagor sederhana, cara bikin batagor kampung, batagor bandung, resep bumbu kacang batagor, resep batagor kingsley, batagor enak di bandung, resep batagor ayam resep batagor kuah, cara bikin batagor murah meriah begimana yach?

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari kaki lima di pinggir jalan, abang yang muter di komplek perumahan bahkan sampai beberapa hotel berbintang pun menyediakan makananan ini. Saya sendiri suka banget jajan makanan ini apalagi saat sedang lapar atau jalan kesuatu tempat dan menemukan penjualnya pasti beli deh. Selain rasanya yang enak, perasan jeruk limau di atasnya juga membuat jajanan asli Bandung ini juga menimbulkan sensasi segar di mulut kita. Simak juga Resep Cara Membuat Cilor Makaroni Pedas dan Gurih.

Secara umum, jajanan ini dibuat dari tahu yang dilembutkan diisi adonan berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola dengan digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Tapi ada yang khas banget dan sangat di sukai banyak orang yaitu asal dari batagor bandung mungkin terletak pada kuah kacangnya saja yang lebih enak dan lezat. Namun apakah teman bun atau sis sudah pernah mencoba untuk membuat Batagor Bandung sendiri di rumah? Ternyata tidak terlalu sulit. Tidak perlu seorang koki terkenal untuk bisa membuat resep batagor ini. Nah jika belum tahu yuk bisa simak langsung saja agar semuanya tahu bagaimana pembuatannya dan tak perlu repot lagi keluar rumah untuk beli. Berikut Cara Membuat Resep Batagor Murah Asli Bandung Ayam Enak.

http://wa-emief.blogspot.com/2017/03/cara-membuat-resep-batagor-murah-asli.html
Resep Batagor Murah Asli Bandung Spesial Enak dan Gurih


Cara Membuat Resep Batagor Murah Asli Bandung Spesial Enak dan Gurih



Bahan bahan Resep Batagor Bandung
1. Daging Ikan Tengiri atau fillet nya saja sebanyak 250 gram. Cuci bersih dan haluskan (bisa dengan sedikit di tekan tekan dagingnya supaya lembut dan halus).
2. Minyak goreng sebanyak satu sendok makan.
3. Tepung sagu sebanyak 100 gram. Gunakan merek dan kualitas yang bagus supaya hasilnya enak.
4. Telur Ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
5. Santan Encer sebanyak 50ml. Anda juga bisa menggunakan santan instant yang banyak di jual di pasaran.
6. Merica halus sebanyak 2 sendok makan.
7. Garam dapur yang mepunyai kandungan yodium sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh.
8. Gula pasir putih sebanyak 1 sendok kecil.
9. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 3-4 siung. Kupas dan iris tipis tipis untuk tumisan.
10.Kecap manis kental kurang lebih satu sendok makan.
11.Kulit Pangsit yang bisa dibeli dengan mudah di pasar pasar tradisional sebanyak 15 lembar.
12.Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan Batagor dan menumis bumbu bumbu halus nya.

Cara Membuat Batagor Asli Bandung
1. Haluskan, campur dan tumis bawang putih, kecap manis, merica halus, garam dan gula pasirnya.
2. Ambil wadah cukup besar. Masukkan bumbu bumbu yang sudah di tumis diatas dan campur dengan ikan tengiri yang sudah dihaluskan di atas sampai rata.
3. Masukkan telur, satu sendok makan minyak goreng, santan encer dan tepung sagunya. Aduk dan campur semua bahan tersebut dengan campuran ikan nya sampai benar benar tercampur sempurna.
4. Siapkan kulit pangsit nya. Buka dan rengtangkan kulit nya dan isi dengan adonan di atas lalu lipat kembali dengan ujung agak dilipat. Ulangi sampai semua adonan dan kulit pangsitnya habis.
5. Siapkan penggorengan dan beri minyak agak banyak supaya nanti batagornya terendam semua. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kuning kecoklatan.

Bahan bahan Bumbu Kacang buat Batagor
1. Bumbu kacang yang sudah dihaluskan sebanyak 100 gram. Anda bisa membelinya di apsar atau membuat sendiri.
2. Cabai merah secukupnya. Apabila anda suka pedas bisa agak banyak atau sedikit saja apabila tidak suka pedas.
3. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs.
4. Gula pasir putih sebanyak 2 sendok makan.
5. Garam dapur halus beryodium sebanyak 1 sendok kecil.
6. Kecap manis kurang lebih satu sendok kecil atau sesuai selera.
7. Jeruk Nipis 1 pcs. Peras dan ambil airnya saja.
8. Air panas secukupnya.
9. Minyak sedikit untuk menumis.

Cara Membuat Bumbu Batagor Kacang
1. Tumis bawang putihnya dan cabai yang dibutuhkan sampai harum.
2. Haluskan tumisan diatas dan tambahkan kecap manis, garam dapur, gula pasir dan kacang goreng yang sudah dihaluskan dan air secukupnya sampai di daptkan tingkat kekentalan yang diinginkan.
Baca juga:
Resep Ceker Setan Pedas Enak dan Empuk
Resep Membuat Cilok Bumbu Kacang Yang Lezat

Bagaimana menurut teman teman resep membuat Batagor Bandung Spesial di atas? Tidak terlalu sulit kan. Tinggal memotong motong batagor gorengnya dan di lumuri denagn bumbu kacangnya. Bisa juga ditambahkan perasan jeruk limau dan saus sambal apabila dirasa kurang pedas. Selain untuk konsumsi sendiri, siapa tahu Resep Batagor Bandung Asli Spesial di atas bisa juga dijadikan lahan usaha kuliner baru. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Advertisement