Tips Cara Modifikasi Motor CB 100 Klasik Terbaru

Advertisement
Advertisement
Jenis Motor Honda CB 100 adalah sebuah kendaraan roda dua yang di produksi oleh honda pada th. 1971 sampai 1981, yang menjadi motor tren legendaris di indonesia, mungkin karena bodynya yang antik dan unik sehingga sangat menarik untuk di koleksi apalagi jika dimodifikasi sehingga tampak lebih fresh dan gak jadul lagi, sehingga tidak heran jika sampai saat ini penggemar motor clasik cb ini semakin hari semakin bertambah banyak di tanah air ini.

Semakin majunya jaman semakin maju juga produksi model motor terbaru dari berbagai product. Sehingga sekarang ini banyak sekali jenis dan model motor. Tetapi hal ini tidak membuat para pecinta motor cb meninggalkan kecintaanya pada keunikan motor cb 100 ini, bahkan semakin banyaknya variasi jenis dan model motor terbaru bermunculan, ini membuat pecinta motor cb semakin tertuntut untuk membuat motor cb tidak kalah eksis, dengan cara mengkreasikan atau memodifikasi motor cb agar terlihat lebih keren, modern, unik serta mempunyai seni tinggi.

Bagi yang belum mengerti tentang modifikasi Honda cb 100 ini berikut kami berikan beberapa tips dasar untuk memodifikasi motor Honda CB 100 biar menjadi lebih keren dan nyaman untuk ditunggangi di jalanan. Anda tinggal pilih apakah Anda ingin memodifikasi secara sederhana atau berat, sesuai keinginan Anda:

http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/tips-cara-modifikasi-motor-cb-100-klasik-terbaru.html
 Modifikasi Motor CB 100

Tips Cara Modifikasi Motor CB 100 Klasik Terbaru



Tips Dasar Modifikasi


1. Sebelum memodifikasi motor cb anda, anda perlu untuk mencari banyak informasi tentang model – model matau modifikasi motor cb, anda dapat mencarinya dengan mudah diinternet.

2. Anda perlu mengunjungi toko akseoris motor utuk memilih dan membeli berbagai aksesorid yang akan memperindah motor anda.

3. Yang pertama harus diperhatikan yaitu modifikasi motor cb bagian roda motor. Anda dapat memodifikasi dengan cara membuat roda depan dan belakan datar.

4. Ganti tangki motor anda yang sudah terlalu tua dengan tangki honda yang cukup bagus agar memberi kesan lebih modern.

Modifikasi ringan/ Standar:


1.  Caranya yaitu dengan memperbesar cc motor honda CB 100. Piston bisa diganti dengan milik CB125/GL125 maksimum miliki GL Pro. Kemudian liner/boringnya juga diganti yg lebih besar agar lebih aman. Berikutnya menambah stroke/langkah piston, caranya dengan memindah pin setang seher yg bawah lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.

2.  Ganti pengapian motor Honda CB100 dengan CDI Shogun. CB100 asli yang masih memakai Accu, lebih baik diganti agar apinya lebih besar. Untuk merubah dari platina ke CDI bisa denga 2 cara, yang pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina, namun cara ini kurang aman. Yang kedua dengan menempelkan pulser di As Kruk. Caranya dengan memotong plat besi seukuran 1x1,5 cm dengan tebal 2 mm. Las di as kruk bagian bawah, dan las juga / buat dudukan buat pulsernya. Jarak pulser dan plat tadi 1,5 mm.

Pemasangan CDI menurut kabel yg dimiliki tiap CDI tersebut. Ada juga tambahan dengan ambil magnet + spul milik grand/supra dan tempelkan di dudukan magnet yg lama (perlu modif dikit). Kemudian buat coakan di blok sebelah kiri. Bisa dengan minta bantuan ke las alumunium untuk dudukan pulsernya.

3.  Karburator tentu minta spuyer yg lebih besar, tapi tentunya lebih baik diganti dengan punya Honda yang lain seperti GLpro atau tiger, atau yamaha RX juga boleh, tapi harus buat dudukan sendiri.

 Modifikasi Terusan /Berat


Untuk modif ini intinya sama dengan yg diatas, tapi biasanya dengan mengambil satu set blok kop milik GL Max/pro. Kemudian piston juga bisa menerapkan milik Honda Tiger, namun syaratnya baut dudukan kop mesin ikut diubah. Magnet bisa dihilangkan bila aplikasi CDI DC dengan aki kering. Yang agak susah bagian rantai keteng, bisa cari bekas punya GLMax/Pro yg justru sudah molor. Bila sproket belakang standar, gigi sekunder satu ama dua bisa diganti. Atau jika tetap, sproket belakangnya harus dikecilkan. Untuk trek panjang cukup dengan gear set CB100, tapi untuk trek pendek dan patah-patah lebih baik gunakan gear set GL100.
Agar Anda tidak ketinggalan informasi baca juga: Modifikasi Motor Vixion Street Fighter

Nah, itulah Tips Cara Modifikasi Motor CB 100 Klasik Terbaru. Selanjutnya kami akan menyajikan beberapa gambar modifikasi motor CB yang  terlihat lebih keren, modern, unik serta mempunyai seni tinggi di karya para pecinta motor CB ini, berikut gambar-gambarnya:


 1. Modifikasi Motor CB




 2. Modifikasi Motor CB 100




 3. Modifikasi Motor CB 100




 4. Modifikasi Motor CB



Sekian informasi tentang  Tips Cara Modifikasi Motor CB 100 Klasik Terbaru Semoga bermanfaat dan Terimakasih, Sallam CB Mania..!!

Advertisement