Tips Cara Membiasakan Berhijab Pada Anak Sejak Dini

Advertisement
Advertisement
http://wa-emief.blogspot.com/2015/10/cara-membiasakan-berhijab-pada-anak.html



Tips Cara Membiasakan Berhijab Pada Anak Sejak Dini. - Bagaimanakah islami mengajarkan anak berjilbab sejak dini?. Ayah dan bunda tentunya telah mengetahui tentang hukum dari berjilbab bagi seorang muslimah. Tentu saja hukumnya wajib. Hukum ini akan berlaku ketika anak perempuan telah menginjak masa balignya. Oleh sebab itu, dalam islam para orang tua wajib mengajarkan pada anaknya untuk memakai hijab. Tapi cara yang telah orang tua terapkan dalam mengajarkan anaknya untuk memakai hijab seringkali belum, tepat.

Banyak sekali orang tua yang mulai mengajarkan anaknya untuk memakai hijab mereka ketika sudah memasuki usia dewasa. Apakah hal seperti ini salah? Tentu saja tidak, hanya saja belum tepat. Jadi alangkah baiknya apabila para orang tua mengetahui cara yang lebih tepat untuk mengajarkan anak memakai hijab sejak dini sehingga mereka dapat terbiasa. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta sang anak terhadap jibabnya. Tak hanya itu, sang anak juga dapat mengetahui sejak dini bahwa jilbab ialah salah satu identitas dari seorang muslimah yang harus selalu mereka jaga.

Peribahasa mengatakan:

“Belajar di waktu kecil seperti mengukir diatas batu..

    Belajar setelah dewasa seperti menulis diatas air….”

Kami yakin anda semua tentu hafal dengan kata pribahasa diatas, ya, sebuah ibarat yang sering kita dengar  dimasa-masa kecil dulu khususnya di TPA (Taman Pendidikan Al-quran), tepat sekali memang apa yang disampaikan dalam pribasa tersebut, kalau belajar di waktu kecil seperti mengukir diatas batu artinya mudah dan gampang dalam mempelajarinya. Akan tetapi sebaliknya jika kita belajar setelah memasuki usia dewasa bagaikan mengukir diatas air setiap yang diukir sebanyak itu pula yang hilang.

  “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu
mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6)

Kebiasaan kita hari ini adalah kumpulan dari semua aktivitas mendengar, melihat , meniru dan yang sering kita lakukan di masa lalu. Kepribadian kita hari ini dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan dimasa lalu, apakah itu kebiasaan baik maupun buruk. Kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan akan menumpuk di alam bawah sadar kita sehingga menjadi sebuah keyakinan atau value yang sangat sulit sekali untuk diubah kecuali memang menemukan value baru yang bisa mengalahkannya walaupun itu tidak mudah.



Begitu juga dengan kebiasaan anak perempuan dari kita semua, jika dari kecil yang ia lihat (ibunya, kakaknya dan saudarinya yang lain yang terbiasa tidak menutup aurat dengan sempurna) tentu hal ini akan membentuk paradigma berpikirnya kalau tidak menutup aurat adalah hal yang bisa saja. Begitu juga sebaliknya jika sejak dini anak diajarkan tentang menutup aurat, contoh disekitarnya menutup aurat maka insyaa Allah ketika sudah beranjak remaja menutup aurat menjadi hal yang mudah baginya.


Berikut ini Tips Cara Membiasakan  Berhijab Pada Anak Sejak Dini :

2. Mengajarkan untuk berhijab sejak kecil.

Tips yang pertama adalah mengajarkan anak berhijab sejak dini, buat anak merasa bangga ketika mengenakan hijab sejak dini, buat dia merasa lebih anggun dan cantik dengan hijabnya.

1. Menanamkan budaya malu sejak kecil.

Mungkin sering kita melihat anak-anak kecil usia 2 – 6 tahun para orang tuanya membiarkan saja anak-anaknya keluyuran dengan baju seadanya apakah itu hanya celana dalam atau singlet (baju dalam), atau mungkin biasa saja ketika mengganti celana atau popoknya ditempat umum. Mungkin para orang tua berpendapat kalau anak kecil tidak berdosa dengan jika memperlihatkan auratnya. Ini memang benar, namun dimasa-masa kecil inilah saat yang tepat bagi kita para orang tua untuk menanamkan budaya malu pada anak, menanamkan pentingnya menutup aurat.

3. Memberikan contoh dan teladan oleh ibu dan saudari-saudari perempuannya.

Nah, dari ketiga poin diatas, maka poin utama yang paling dan lebih penting adalah poin ini. Ada pada orang tuanya khususnya ibunya, kakak-kakak perempuannya yaitu memberikan contoh teladan dengan berhijab ketika dirumah maupun keluar rumah. Tentu akan susah mendidik anak untuk berhijab namun orang tuanya sendiri tidak berhijab.


Itulah Tips Cara Membiasakan  Berhijab Pada Anak Sejak Dini, jadi sudah semestinya bagi para orang tua semua mendidik, membiasakan hal ini pada anak-anaknya. Ingat wahai para orang tua semua bahwasannya berhijab itu wajib hukumnya bagi perempuan, sama dengan wajibnya shalat.

Semoga bermanfaat, dan semoga dapat menambah ilmu pengetahuan. juga menginspirasi kita semua untuk menjadi orang tua yang lebih baik dalam mendidik anaknya. dan terimakasih telah membaca artikel ini . Simak terus Wa-emief.com untuk mendapatkan berbagai macam info terkini. 

Advertisement