10 Tips Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Diet

Advertisement
Advertisement

http://wa-emief.blogspot.com/2015/10/10-tips-cara-memilih-makanan-sehat.html


Tubuh kita setiap harinya tumbuh dan berkembang,setiap bagian-bagiannya memiliki peranan - peranan penting tersendiri. Oleh karenanya tubuh membutuhkan asupan-asupan yang mengandung gizi yang seimbang dan mengandung zat yang di butuhkan oleh tubuh.

Selain tubuh membutuhkan karbohidrat,mineral,protein dan lain-lain, tubuh juga membutuhkan asupan-asupan gizi lainnya untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. adapun makanan-makanan sehat antara lain sebagai berikut:

  *  Harus cukup mengandung kalori.

  *  Harus cukup mengandung vitamin.

  

  *  Harus cukup mengandung garam mineral dan air.

  *  Harus mudah dicerna oleh alat pencernaan.

  *  Perbandingan yang baik antara sumber karbohidrat, protein dan lemak.

  *  Bersih, tidak mengandung bibit penyakit, karena hal ini tentu akan membahayakan kesehatan
      tubuh serta tidak bersifat racun bagi tubuh.


  *  Protein yang dikonsumsi harus mengandung kesepuluh asam amino utama, yaitu  lisin, triptofan,
      histidin, penilalanin, leusin, isoleusin, threonin, metionin, valin, dan arginin.

Siapa orangnya yang hidupnya tidak mau sehat ?. Semua orang pasti sangat meinginginkan hidup

yang sehat jasmani dan rohani. Berikut ini ada 10 Tips Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Diet. Yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan pola makan sehat, tetapi juga masih terasa enak di lidah.


1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Kaya Nutrisi. Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membantu tubuh Anda tetap sehat dan prima sepanjang hari. Dan dari satu jenis makanan saja tidak bisa mencukupi asupan gizi semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya seperti, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein yang tinggi.

2. Mengkonsumsi Padi-Padian, Buah dan Sayuran. Survey membuktikan bahwa kebanyakan orang
tidak cukup mengkonsumsi makanan jenis ini. Apakah Anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal? apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Silahkan tanyakan pada diri anda sendiri.!

3. Makan Dalam Ukuran Yang Layak. Lebih baik jika anda menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat, tapimasih dalam porsi yang layak misalnya jangan lebih dari 2 porsi makan. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.

4. Mengatur Berat Badan Seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyaknya faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menimbulkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit berbahaya lainnya.

5. Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan. Kebanyakan orang menyantap Makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu.

6. Makan Secara Teratur. Dengan melewatkan jam makan yang disengaja hanya akan membuat 

kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa 
lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Apabila Anda sedang melakukan sebuah aktivitas. Saya sarankan untuk makan terlebih dahulu, supaya tidak menghilangkan konsentrasi berpikir.

7. Buat Perubahan Secara Bertahap. Tidak pernah ada ‘makanan super’ atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam.

8. Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat. Tidak semua makanan harus sempurna. Saat
Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

9. Mengetahui Kesulitan Program Diet Anda. Perbaiki kebiasaan makan Anda, pertama kenali apa
yang salah dengan pola makan Anda. Tuliskan apapun yang Anda makan dalam tiga hari, lalu periksa daftar tersebut dan cocokkan dengan tips ini.
 

 

10. Ingat, Makanan Bukan Sebuah Kebiasaan Buruk. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda.


Demikian penjelasan saya tentang  10 Tips Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Diet. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam program harian untuk diet. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini . Simak terus Wa-emief.com untuk mendapatkan berbagai macam info terkini seputar dunia kesehatan.. Sallam Sukses,,.

Advertisement