Manfaat Khasiat Daun Binahong Dan Efek Sampingnya

Advertisement
Advertisement
Manfaat Daun Binahong - Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Binahong memiliki nama ilmiah Bassela rubra linn atau dalam bahasa Cina dikenal dengan nama Deng san chi. Daun binahong dapat tumbuh di dataran rendah dan juga di dataran tinggi. Manfaat dan Khasiat binahong sangatlah beranekaragam dan menjadi buah bibir karena kegunaannya yang semakin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan pengobatan, kesehatan, dan kecantikan. Dalam dunia pengobatan, tanaman binahong yang dapat dimanfaatkan adalah batang, daun, dan umbi yang menempel pada ketiak daun.

Tumbuhan binahong merupakan tumbuhan yang dapat merambat. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menanam tumbuhan tersebut tanpa membutuhkan area yang luas. Mungkin masyarakat awam tidak terlalu mengenal nama tersebut namun akan lebih familiar jika sudah melihat bentuk tanaman tersebut. Tanaman ini terkenal di masyarakat Cina dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, zaman modern sekarang ini masih tetap di gunakan dan kepopulerannya terus meningkat karena manfaat dan khasiat daun binahong yang efektif berkhasiat sebagai obat dan dari kealamian menggunaan daun binahong sebagai resep pengobatan.

Pengobatan dengan tanaman herbal memang biasanya relatif lebih lama sembuh, namun akan lebih murah jika dibandingkan dengan obat kimia. Sekarang tumbuhan binahong sudah bisa ditemukan di Indonesia, selain karena tumbuhan ini bisa tumbuh di iklim Indonesia juga karena manfaatnya yang begitu banyak sebagai tanaman obat khususnya. Oleh karena itu pada postingan kali ini kami akan jelaskan dengan terperinci tentang manfaat ciri ciri, kandungan, daun binahong untuk kesehatan. Dengan harapan dapat memberikan pengetahuan terkait manfaat binahong sekaligus sebagai bagian dari refrensi pengobatan alami untuk berbagai penyakit.

http://wa-emief.blogspot.com/2017/04/manfaat-khasiat-daun-binahong-dan-efek.html
Manfaat Khasiat Daun Binahong Dan Efek Sampingnya

Berdasarkan hasil penelitian uji laboratorium maka pada daun binahong mengandung :

Saponin
Merupakan senyawa aktif yang menyerupai sabun dan terdapat pada permukaan daun binahong. Pencairan dan pelarutan dari senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga ternyata dapat membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk menyembuhkan luka. Manfaat lain dari saponin adalah sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak Atsiri
Minyak ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat antiseptik alami baik penggunaan dari dalam atau luar tubuh. Selain itu minyak atsiri juga berfungsi sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulant. Untuk pemakaian secara eksternal bisa memperoleh minyak ini dengan cara penyulingan karena termasuk minyak eteris yang mudah menguap. Minyak atsiri yang fresh dari penyulingan tidak akan berwarna namun kalau terlalu lama di udara terbuka akan teroksidasi dan berubah warna. Karenanya segera simpan minyak atsiri di tempat terlindung agar khasiatnya tidak hilang

Alkaloid
Merupakan zat yang mempunyai sifat hipoglikemik. Zat ini diperlukan bagi para penderita diabetes karena mempunyai fungsi sebagi penurun kadar gula dalam tubuh

Asam askorbat
Salah satu zat dalam daun binahong yang sangat berguna pada penyembuhan luka bakar atau luka luar. Ketika terkena luka maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka tersebut, disinilah fungsi dari asam askorbat. Senyawa tersebut akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi

Antioksidan
Merupakan zat yang berperan penting dalam memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

Asam oleanolic
Merupakan senyawa yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi. Dengan adanya zat ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi luka

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun binahong dan sangat baik bagi kesehatan adalah seperti mono polisakarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, flavonoid dan protein. Begitu banyak ternyata kandungan yang bermanfaat dalam tumbuhan binahong ini sehingga wajar jika sangat populer digunakan sebagai penyembuhan baik penyakit berat maupun penyakit ringan. Meski di Indonesia sendiri pemanfaatannya masih kurang, namun saat ini sudah mulai banyak yang menyadari khasiatnya daun binahong sebagai obat herbal dan menanamnya untuk kemudian dijadikan sebagai terapi ramuan kesehatan.

Sekalipun Manfaat yang terkandung dalam Daun Binahong menyehatkan, Namun sebaiknya Anda tetap harus hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, yang termasuk mengancam jiwa. Berikut Efek Samping Daun Binahong.

Efek Samping Daun Binahong
Ramuan yang mengandung efedrin yang disebut ephedra terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman, maka jangan gunakan. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina)lebih buruk karena merangsang hati.  Jangan gunakan jika memiliki masalah angina ini.


Rahasia Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya



1.Manfaat daun binahong untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker
Untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dengan daun binahong cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong yang telah dikeringkan satu hari sekali sebanyak satu gelas, dan minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang tubuh akan berkurang dan kemudian mati.


2. Manfaat dan khasiat daun binahong sebagai obat luar
Untuk pemakaian luar, batang dan daun binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

3.Manfaat dan khasiat daun binahong untuk Mencegah stroke, asam urat, sakit pinggang, luka bekas operasi, maag, typus, dan disentri
Untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut diatas, sebagai alternative anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai obat herbal yang diolah secara tradisinal dengan cara Rebus 5 lembar daun Binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata, lalu diminum sehari sekali 1 gelas.

Selain dengan daun binahong, anda juga bisa memanfaatkan umbi atau rimpang tanaman binahong caranya yaitu cuci bersih umbi atau rimpang binahong, lalu rebus hingga matang. Selanjutnya disaring dan setelah dingin tambahkan 1 sendok teh madu, aduk merata dan diminum 2-3 kali sehari.

4.Manfaat daun binahong untuk mengatasi sesak nafas
Cara mengatasi sesak nafas dengan daun binahong cukup rebus tujuh lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum setiap hari sekali
5.Batuk berdarah
Rebus 10 lembar daun binahong ke dengan 2 gelas air bersih dan tersisa 1 gelas. Hasil rebusan diminum setiap hari.

6. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Kencing Manis
Secar Rebus 10 lembar daun binahong dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

7.Manfaat dan Khasiat Daun Binahong membantu mengatasi gagal ginjal
Gagal ginjal adalah penyakit organ dalam yang membutuhkan perhatian khusus yang tidak dapat diremehkan, untuk mengatasinya secara tradisional anda dapat menggunakan daun binahong dengan cara : rebus 10-15 lembar daun binahong ke dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum tiga kali sehari sebelum makan.

8.Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Kanker Ginjal.
Cara memanfaatkan daun binahong sebagai pengobatan kanker ginjal adalah dengan merebus 15 g daun binahong dan

15 g daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Hasil air rebusan tersebut ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut setiap hari.

9. Manfaat Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Radang Ginjal
Daun binahong bermanfaat untuk membantu meringankan keluhan penyakit radang ginjal dengan cara 7 lembar daun binahong direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. buat dan minum ramuan daun binahong setiap hari.

10. Manfaat dan khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Patah Tulang
Daun binahong sangat efektif membantu proses penyatuan tulang yang patah Cuci bersh 10-20 lembar daun bianhong dan rebus dengan 3 gelas air yang bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan minum rebusan air binahong. lakukan cara ini setiap hari.

11. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Paru-Paru/Bolong
Cara membuat obatnya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

12. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Gegar Otak Ringan/Berat
Cara membuat obat dengan daun binahong adalah cukup dengan mentediakan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

13. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Luka Bakar
Untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dari dalam sebagai alternatif anda bisa menggunakan daun binahong sebagai ramuan alami, caranya yaitu Luka bakarCara membuat obat luka bakar dengan memanfaatkan khasiat daun binahong adalah merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa segelas. Hasil rebusan air tersebut diminum setiap hari.

14. Manfaat Khasiat Daun Binahong untuk mengobati Ambeyen Berdarah
Air rebusan daun binahong bermanfaat juga efektif mengatai ambeyen, bahkan ambeyen berdarah sekalipun. segera atasi ambeyen dengan Daun binahong dengan cara 16 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan air tersebut di konsumsi setiap hari.

15. Manfaat Daun Binahong Untuk diare/Disentri
Daun binahong dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu buang air besar/disentri. Caranya yaitu 10 lembar daun binahong direbus ke dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong dalam mengobati buang air besar diminum setiap hari.

16. Manfaat Daun Binahong Untuk Gusi Berdarah
daun binahong juga bermanfaat untuk meredakan gusi berdarah secara efektif dan cepat. carnya rebus 4 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.

17. Manfaat Daun Binahong Untuk melancarkan Haid
Haid tidak lancar cenderung akan menyebabkan rasa nyeri padsa otot pinggang, manfaat Daun binahong juga dapat mengatasi haid tidak lancar dalam waktu sekejap.  Caranya pun cukup mudah yaitu 3 lembar daun binahong direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.


18. Manfaat Daun Binahong untuk mempercapat penyembuhan luka pasca operasi
Caranya dengan merebus 20 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

19. Manfaat Daun Binahong untuk mempecapat proses penyembuhan luka
Untuk Mengobati luka Setelah Kecelakaan atau karena luka karena Benda Tajam, caranya yaitu direbus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

20. Manfaat Daun Binahong Khasiat Daun Binahong Untuk Borok Akut (Menahun)
Cara membuat obat borok menahun dengan daun binahong yaitu 12 lembar daun binahong direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air dari daun binahong diminum setiap hari.

21. Manfaat Daun Binahong sebagai Obat Gatal-Gatal atau Eksim Kulit
Cara membuat obat gatal-gatal dengan daun binahong adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air hasil rebusan diminum setiap hari.

22. Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Usus Bengkak
Cara membuat obat mengatasi usus bengkak dengan daun binahong adalah merebus 3 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

23. Khasiat Daun Binahong Untuk Menambah Nafsu Makan
cara membuat ramuan penambah nafsu makan alami dari daun binahong yaitu 5 lembar daun binahong, dan 2 gelas yang direbus hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.


24. Manfaat Daun Binahong Sebagai Penghangat Badan
daun binahong juga bisa anda manfaatkan untuk menghangatkan badan dengan cara rebus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga bersih dan tersisa 1 gelas air. Hasil rebusan air binahong diminum setiap hari

25. Manfaat Daun Binahong
Khasiat daun binahong yang tak kalah menarik yaitu keampuhannya mengatasi L3mah Syah.wat. Cara membuat ramuan untuk mengatasi gangguan kejant4nan yaitu rebus 3-10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

26. Manfaat daun binahong sebagai obat sariawan kronis
Sariawan memang bukan penyakit berbahaya yang akan mengancam keselamatan anda, akan tetapi sariawan cukup membuat kita menderita dan membuat tidak berselera makan dan minum, bahkan malas bicara karena rasa perih dan sakit pada tenggorokan, bibir pecah-pecah dan lidah terluka.

Cara pemanfaatan daun binahong untuk mengatasi sariawan ini sangat mudah yaitu dengan cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. dalam keadaan yang dingin.

27. Khasiat daun binahong Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka berdarah
Caranya yaitu haluskan beberapa lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan secara rutin minimal 3 kali sehari.

28. Manfaat daun binahong untuk melancarkan pencernaan
Daun binahong bermanfaat untuk mengontrol kinerja alat pencernaan agar tetap stabil, dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit. Selain itu susah buang air besar akan berdampak kurang baik baik kesehatan pencernaan anda. susah buang air besar akan menyebabkan penumpukan kadar lemak tubuh dan kegemukan.

29.Manfaat dan khasiat daun binahong sebagai obat wasir
Khasiat daun binahong mampu membuat otot anus yang bengkak agar lebih tenang, dengan demikian sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang dan sembuh.

30. Manfaat daun binahong untuk menghentikan pendarahan
Sebagaimana daun sirih, daun binahong juga bermanfaat untuk menghambat dan mengentikan pendarahan kecil seperti mimisan. Caranya yaitu gulung daun binahong dan masukkan pada hidung untuk menyumbat dan mendinginkan suhu panas dalam hidung.

31.Manfaat daun binahong sebagai pemulih dan penambah stamina kaum pria
Stamina loyo adalah kendala yang paling sering dialami oleh kaum pria, Nah untuk memulihkan dan menambah stamina anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai resep herbal untuk mengatasi stamina loyo. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong dalam keadaan hangat, maka dapat menambah stamina dengan cara yang alami sehingga aman bagi tubuh.

32. Manfaat Daun Binahong untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca Melahirkan
Caranya rebus 7 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

Itulah Manfaat Khasiat Daun Binahong Dan Efek Sampingnya yang dapat di sampaikan. Semoga bermanfaat.

Advertisement