Cara Membuat dan Resep Rainbow Cake Kukus

Advertisement
Advertisement
Kue pelangi atau dikenal sebagai Rainbow Cake merupakan jenis cake dengan perpaduan warna merah, kuning, hijau dan perpaduan warna lainnya menyerupai tampilan warna pelangi. Karena warna yang unik, nyentrik dan juga rasanya yang enak sehingga rainbow cake siap disantap setiap saat dan menjadi salah satu kue yang sedang populer saat ini. kue ini sangat cocok jika dihadirkan sebagai hidangan saat acara ulang tahun , pernikahan , atau acara lainnya .

Rainbow cake mini, rainbow cake femina atau rainbow cake ncc Proses pembuatan  persis seperti cake pada umumnya yang membedakan hanya penggunaan warna pada rainbow cake lebih variatif dalam warna, yaitu cake ini menggunakan 6 warna cerah yang dilapisi dengan pasta sehingga membuat cake ini menjadi lebih menarik. Anda yang ingin mencoba berkreasi dengan rainbow cake bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara dikukus atau juga dipanggang. Simak resep rainbow cake selengkapnya berikut di bawah ini.

Rainbow Cake Kukus

http://wa-emief.blogspot.com/2016/01/cara-membuat-dan-resep-rainbow-cake.html
Cara Membuat dan Resep Rainbow Cake Kukus


Cara Membuat dan Resep Rainbow Cake Kukus


Bahan :

– 300 gram gula pasir

– 300 ml minyak goreng

– 200 gram tepung terigu

– 8 butir telur

– Butter cream

– Pewarna makanan secukupnya (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu)

– 1 sendok teh emulsifier

– 1/2 sendok teh vanili  bubuk

– 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :


1. Kocok 8 butir telur dengan 300 gram gula pasir dengan menggunakan mixer hingga adonan tercampur rata dan halus. Setelah itu masukkan 1 sendok teh emulsifier, 1/2 sendok teh vanili bubuk dan 1/2 sendok teh garam, lalu kocok hingga mengembang.

2. Kemudian ambil sedikit adonan diatasnya, lalu letakkan pada mangkuk kecil, kemudian campur dengan minyak goreng, aduk-aduk hingga tercampur rata, sisihkan.

3. Masukkan tepung terigu secara sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga tercampur dengan rata. Kemudian masukkan campuran adonan yang telah diberi minyak tadi, aduk lagi hingga rata.

4. Setelah itu bagilah adonan menjadi 6 bagian pada setiap wadah yang berbeda-beda, kemudian setiap adonan di beri perwana makanan yang berbeda-beda pula.

5. Gunakan loyang berukuran 24 x 12 cm ( atau sesuai keinginan), lapisi dengan kertas roti dan beri olesan mentega tipis, kemudian tuang adonan ke dalamnya.

6. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit, angkat dan dinginkan.

7. Beri alas berupa kertas roti atau plastik lebar pada bagian bawah meja untuk menyusun setiap adonan tersebut.

8. Kemudian susun adonan dengan warna yang diinginkan sesuai selera, lalu berilah olesan butter cream tipis pada setiap lapisannya.

9. Jika sudah tersusun dengan rapi, tutupi semua bagian cake dengan sisa butter cream tadi, dan hias sesuai selera.
Rainbow cake kukus siap untuk dihidangkan.

Demikian  Cara Membuat dan Resep Rainbow Cake Kukus, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sallam Bunda!!

Advertisement