Manfaat Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisement
Advertisement
Manfaat Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Daun Pepaya memiliki nama latin (Carica L papaya) dan termasuk dalam keluarga Caricaceae. Ciri ciri daun pepaya berbentuk simetris apabila bagian atas dilipat. Pepaya, tanaman seperti pohon tropis, pada awalnya dibudidayakan di Meksiko dan dapat tumbuh lebih dari 10 meter. Daun pepaya bercita rasa pahit jika masih muda, tetapi kalau direbus lebih lama zat yang membuatnya jadi pahit akan berkurang. Daun pepaya muda Selain biasa dijadikan resep masakan atau pun lalapan, juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit wanita.

Daun pepaya mengandung vitamin A sebanyak 18.250 SI (satuan internasional). Jumlah ini lebih banyak dari vitamin A yang dikandung wortel sayuran yang diklaim paling hebat dalam hal merawat indra penglihatan. Pada umumnya masyarakat indonesia mengenal daun pepaya berkhasiat untuk mengobati diabetes dan untuk ibu hamil. Menurut “Pepaya Medicine Tree,” seluruh bagian tanaman pepaya baik akar, daun dan buah pepaya menawarkan nilai obat. Oleh karena itu Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara ringkas Manfaat dan khasiat Daun Pepaya Bagi Kesehatan jangan lupa juga baca artikel mengenai Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil.

http://wa-emief.blogspot.com/2015/12/manfaat-khasiat-daun-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Manfaat Khasiat Daun Pepaya

Kandungan gizi daun pepaya

  1.  Vitamin B, A, C, D, E
  2.  Kalsium

Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas. Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah sama seperti yang ada pada kangkung. Maka dari itu, bagi yang kurang menyukai rasanya dapat mempertimbangkan manfaat daun pepaya bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:


Manfaat Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan



1. Obat Jerawat


Tahukah Anda, daun pepaya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel?

Caranya : Ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

2. Menambah Nafsu Makan


Bagi anak-anak khasiat dan manfaat daun pepaya sangat baik untuk menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang sulit makan.

Caranya : Ambil daun pepaya segar yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan juga air hangat setengah cangkir. Campur semuanya kemudian di blender, setelah selesai saring airnya, dan air tersebut lah yang memberikan khasiat daun pepaya yang sangat baik untuk menambah nafsu makan.

3. Anti Kanker


Kanker memang merupakan salah satu penyakit yang mematikan, dan khasiat daun pepaya dipercaya dapat mampu untuk mencegah penyakit kanker tersebut, ini karena daun pepaya memiliki kandungan getah putih seperti. Getah putih tersebut dapat dikembangkan sebagai anti kanker, dan getah putih yang memberikan manfaat daun pepaya tersebut, dan akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi daun pepaya secara dimasak atau dengan proses lainnya.

4. Memperlancar Pencernaan


Memakan daun pepaya yang sudah direbus baik dimakan dengan atau tanpa makanan pendamping lainnya dapat membantu memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan didalam daun pepaya terdapat zat karpain, yaitu sejenis kandungan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya makan rutin daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari.

5. Pengontrol Tekanan Darah


Khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

Caranya : siapkan 5 lembar daun pepaya, lalu direbus dengan campuran air setengah liter. Dimasak sampai airnya menyisakan tiga perempat, setelah selesai biarkan air tersebut menjadi dingin, kemudian dapat ditambahkan madu sebagai pemanis air daun pepaya tersebut.

Selain khasiat daun pepaya yang disebutkan tadi, khasiat daun pepaya juga masih ada lagi seperti kandungan serat pangan dalam daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklersosis dan juga mencegah penyakit jantung. Khasiat dan manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk menunjang program diet yang sedang kita jalankan. Dan bagi kaum wanita yang
menyusui, manfaat daun pepaya juga sangat baik untuk membantu melancarkan ASI.

6. Obat Nyeri Haid


Bagi kaum wanita khasiat daun pepaya juga sangat baik untuk meredakan nyeri saat haid.

Caranya : cukup ambil 1 lembar daun pepaya, lalu tambahkan asam jawa serta garam, dan dicampur dengan segelas air dan kemudian rebus. Kemudian ambil airnya, tambahkan 2 sendok madu dan aduk. Dinginkan ramun daun pepaya tersebut kemudian minum.

7. Obat Demam Berdarah


Khasiat daun pepaya juga sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah.

Caranya : ambil 5 lembar daun pepaya muda, lalu tambahkan setengah liter air dan direbus sampai bersisa tiga perempatnya, kemudian tambahkan sedikit garam, 2 sendok madu, dan diminum selagi hangat. Buatlah pagi, sore dan menjelang tidur sampai gejala demam berdarah sembuh.

8. Sebagai Pelunak Daging


Daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

9. Daun Pepaya Muda untuk Diabetes atau Kencing Manis


Khasiat daun pepaya muda juga sangat baik untuk mengobati Diabetes atau Kencing Manis

Bahan-bahan:
1-3lembar daun pepaya muda.
2-5 lembar sirih yang bertemu uratnya.

Cara membuat:
Tumbuklah daun pepaya dan daun sirih yang bertemu uratnya sampai halus, kemudian beri setengah gelas air, lalu peras dan saring. Kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Daun Pepaya Untuk Kecantikan


Khasiat buah pepaya memang diketahui sangat bagus untuk kulit dan telah tergabung dalam produk perawatan kulit untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu pepaya sering digunakan dalam sejumlah formulasi perawatan rambut untuk shampo atau kondisioner, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Agen pembersih kulit – Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.

2. Kondisioner Alami – ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai  kondisioner bersama dengan bahan lain seperti santan dan manfaat madu untuk rambut yang berkilau. Kondisioner alami ini akan membuat rambut lebih bernyawa dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

3. Menghilangkan ketombe – Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan pembuatan sampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping.

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya


Masih banyak orang yang memang tidak menyukai dengan rasa pahit daun pepaya, namun dengan tips berikut ini manfaat daun pepaya dapat diperoleh dengan menghilangkan rasa pahit yang terkandung pada daun pepaya. Daun pepaya yang sudah dibersihkan direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian setelah direbus dapat dibilas denga air dan diolah sesuai resep. Dengan cara lain yang lebih simpel, dapat direbus saja dengan garam sampai layu dan kemudian di bilas lagi dengan air dan rebus lagi sampai matang untuk dapat diolah dengan berbagai masakan.


Demikian tentang Manfaat Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat dan Sallam sehat..!!

Advertisement