Manfaat Khasiat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan

Advertisement
Advertisement
Manfaat Khasiat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan-Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat terbaik teh hijau untuk diet yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam teh hijau mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol yang tidak hanya baik untuk membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis teh yang dapat ditemukan. Misalnya saja seperti teh hitam, teh hijau, dan beberapa teh lainnya. Salah satu yang memiliki manfaat cukup tinggi tentu saja teh hijau. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Teh hijau kini menjadi sangat populer diseluruh Indonesia bahkan dunia, karena sekarang berbagai jenis makanan, minuman suplemen kesehatan bahkan kosmetik banyak yang dibuat dari bahan ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia telah menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur akan lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung. Dibandingkan dengan teh lainnya, teh hijau sangat memiliki sedikit kafein.


http://wa-emief.blogspot.com/2015/11/manfaat-khasiat-teh-hijau-untuk-diet.html
Manfaat Khasiat Teh Hijau


Cara Minum Teh Hijau Yang Tepat dan Benar

Untuk bisa mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal dari teh hijau ini, Anda juga harus memperhatikan cara meminum teh hijau yang tepat dan benar. Berikut ini cara minum teh hijau yang benar untuk menurunkan berat badan.


1. Pilih Produk Teh Hijau yang Berkualitas 

Pilihtah teh hijau dari produk yang sudah terpercaya karena lebih menjamin kualitas daun tehnya. Teh hijau yang berkualitas adalah yang minim atau tidak mengandung sekali bahan-bahan kurang penting. Tentu saja harganya mungkin lebih mahal dari pada teh hijau produk biasa.

2. Minum teh hijau tanpa gula dan Perasa Tambahan

 Teh hijau yang paling bagus adalah teh hijau dengan rasa asli tanpa gula dan perasa tambahan. Teh hijau yang diolah pabrik biasanya sudah berkurang atau hilang kandungan antioksidannya. Sedangkan teh hijau yang dikemas dalam botol biasanya juga sudah diberi pemanis buatan dan zat-zat kimia lain. Bahkan mungkin kalorinya lebih tinggi daripada minuman soda atau sari buah.

3. Cara Menyeduh Teh Hijau 

Beda jenis teh maka berbeda pula cara menyeduhnya. Untuk menyeduh teh hijau, seduh dengan air yang suhunya 80-90 derajat Celcius. Proses penyeduhan juga tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian.

4. Minum Teh Hijau Saat Panas 

Sebenarnya diminum dalam keaadan dingin atau panas teh hijau tetap sehat. Namun es dalam minuman bisa mencair dan bercampur dengan air teh sehingga kepekatannya berkurang. Sehingga dapat mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya minum saat masih panas atau hangat.

5. Jangka Waktu Penyimanpanan Teh Hijau 

Semakin segar daun teh, khasiat dan rasanya akan lebih baik. Oleh sebab itu segera konsumsi teh hijau yang baru di beli dan jangan menyimpan terlalu lama. Jika mengonsumsi daun teh atau yang telah dikemas dalam kantung, habiskan dalam jangka waktu maksimal enam bulan. Lebih dari itu, khasiat antioksidan teh hijau akan berkurang.

Jadwal Minum Teh Hijau Yang Tepat Untuk Sehari-hari

Untuk mendapatkan manfaat teh secara maksimal, setidaknya minum enam hingga tujuh gelas per hari. Berikut ini jadwal konsumsi teh hijau :

1. Pagi Hari 

Anda dapat minum teh hijau pagi hari setelah bangun tidur untuk membantu memecah lemak. Sebaiknya minum teh hijau dalam keadaan hangat, tidak dengan es. Selain itu, konsumsi teh hijau pagi hari juga dapat mencegah radikal bebas, dan mengurangi nafsu makan.

2. Sebelum Sarapan 

 Minum teh hijau sebelum sarapan dapat membantu membakar makanan sarapan dan mengurangi rasa ingin ngemil sebelum makan siang.

3. Sebelum Makan Siang 

 Jika sebelum makan siang Anda minum teh hijau terlebih dulu, maka Anda tidak akan makan terlalu banyak karena perut sudah terisi cairan. Selain itu juga membantu tubuh membakar lebih banyak.

 4. Sebelum Makan Malam

Terakhir, minum teh hijau sebelum makan malam. Minum teh hijau sebelum makan malam membantu mencerna makanan dan membakar lemak saat kita tidur.

Anda dapat mengkombinasikan minum air putih sebanyak 10 gelas air putih dan 4 gelas teh hijau setiap hari dalam program diet. Imbangi juga dengan pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.

Manfaat Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Selain membantu program diet, teh hijau juga memiliki beragam manfaat lain untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat teh hijau yang bisa Anda dapatkan.

*  Mencegah penuaan dini
*  Memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, Kuku menjadi lebih kuat mengkilat
*  membantu mengurangi bau mulut.
*  Baik untuk kesehatan kulit, mencegah kanker kulit, .
*  Membantu Kinerja Otak.
*  Antioksidan, nutrisi pada teh hijau dipercaya mampu menyerap racun yang
   mengganggu dalam tubuh.
*  Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung.
*  Mengatasi Jerawat dan Eksim.
*  Menyehatkan Rambut.
*  Mengurangi Stres dan Depresi.
*  Meringankan Gejala Asma.
*  Menyembuhkan Penyakit Perut.
*  Mengelola Diabetes.


Efek Samping Teh Hijau

Selain banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari teh hijau, ternyata juga terdapat efek samping yang perlu kita perhatikan. Diantaranya adalah:

1. Efek Kafein

Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dari kopi, tetap saja memberikan efek kafein pada tubuh seperti
sulit tidur, detak jantung lebih cepat, gelisah dan tekanan darah yang meninggi.

2. Perut Kembung

Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, sebaiknya perlu mempertimbangkan untuk mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak. Karena Teh hijau banyak mengandung zat tannin yang dapat memicu perut menghasilkan zat asam lebih banyak. Jika diminum saat perut masih kosong, maka dapat memperparah penyakit maag Anda.

3. Kekurangan Zat Besi

Zat tannin yang berlebih dalam darah dapat menghambat penyerapan tubuh terhadap zat besi.

4. Osteoporosis

Ini merupakan salah satu efek teh hijau yang cukup mengerikan, khususnya bagi wanita. Teh hijau diyakini akan membawa lebih banyak kalsium dalam tubuh keluar melalui urin, daripada zat diuretik lainnya.

5. Dapat Mempengaruhi Kehamilan

Babi ibu-ibu yang sedang hamil, sebaiknya mengurangi asupan teh hijau dalam jumlah tinggi. Kandungan kafein dapat menyeberang plasenta dan masuk ke dalam sirkulasi janin, dampaknya yaitu keguguran. Meskipun tidak dilarang, sebaiknya batasi minum teh hijau bagi ibu hamil.

Itulah Manfaat Khasiat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan, selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan terimakasih. ,Sallam Sehat,.

Advertisement